Kenapa Hujan Meteor Baiknya Diamati Mulai Tengah Malam?

Setiap ada fenomena hujan meteor, pasti deh selalu diinformasikan kalau waktu pengamatan terbaik itu adalah tengah malam. Memangnya iya, ya?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita bahas dulu deh tentang apa itu hujan meteor. Lebih tepatnya, apa yang menyebabkan hujan meteor bisa terjadi. Menurut ScientificAmerican, hujan meteor terjadi ketika Bumi, dalam orbitnya mengelilingi Matahari, melewati segerombolan puing material sisa dari disintegrasi komet.

Meskipun orbit Bumi mengelilingi Matahari hampir melingkar, sebagian besar komet bergerak dalam orbit elips yang sangat memanjang. Akibatnya, beberapa komet memiliki orbit yang berpotongan atau tumpang tindih dengan jalur orbit Bumi kita tuh.

Oh iya, kenapa sih bisa ada segerombolan puing sisa komet? Rupanya, karena inti komet terdiri atas kombinasi bahan-bahan es dan debu yang terkonsolidasi secara longgar, ketika sebuah komet terpanaskan saat melintas dekat Matahari, komet sedikit banyak akan perlahan-lahan hancur, menghasilkan ekor yang bisa kita lihat dari Bumi dan meninggalkan puing-puing material di sepanjang jalur orbitnya.

Puing-puing tersebut sebagian besar terdiri atas partikel seukuran pasir. Ketika Bumi memotong bekas jalur orbit komet yang berisi segerombolan puing, Bumi akan menabrak puing-puing ini, yang pada akhirnya mereka akan terbakar saat masuk ke atmosfer Bumi, menghasilkan fenomena yang dikenal sebagai hujan meteor.

Terus, Kenapa Harus Tengah Malam?

Hujan meteor sebenarnya tidak cuma terjadi pada malam hari, melainkan dapat terjadi kapan saja, siang atau malam. Namun, karena meteor-meteor yang muncul tidak terang, pada siang hari jelas akan kalah cahayanya dibandingkan dengan Matahari.

Hujan meteor akan lebih jelas terlihat setelah tengah malam karena setelah tengah malam, sisi gelap Bumi adalah sisi terdepan saat Bumi bergerak mengelilingi orbitnya, sehingga ia bertemu lebih banyak meteoroid yang siap masuk ke atmosfer Bumi.

Kira-kira, penggambarannya seperti ini nih:

Ditambah lagi, selepas tengah malam adalah momen ketika langit sudah benar-benar gelap karena Matahari sudah mencapai nadir. Kondisi langit gelap adalah kondisi paling ideal untuk melihat hujan meteor yang cenderung redup kenampakannya.

Nah, itulah kenapa sebaiknya kamu mengamati hujan meteor mulai tengah malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *