Matahari

20 Fakta Menarik Tentang Matahari Kita

Matahari adalah bintang di pusat tata surya kita. Ia terdiri atas plasma super panas yang bentuknya hampir bulat sempurna yang dengan dominasi gravitasinya telah menyatukan tata surya. Energi yang dihasilkan oleh Matahari pun sangat penting untuk kehidupan di Bumi.

Seberapa kenal kamu dengan Matahari? Simak beberapa fakta menariknya yuk!

  • Matahari adalah bintang yang berwarna putih kalau dilihat dari luar angkasa. Ia tampak kuning dari Bumi karena pengaruh atmosfer planet kita yang menghamburkan cahayanya.
  • Matahari terdiri atas hidrogen (70%) dan Helium (28%).
  • Matahari adalah bintang deret utama kelas G2V.
  • Matahari 109 kali lebih lebar dan 330.000 kali lebih masif dari Bumi.
  • Luas permukaan Matahari adalah 11.990 kali luas permukaan Bumi.
  • Jarak antara Bumi dan Matahari adalah 1 AU, atau 150 juta kilometer.
  • Satu juta Bumi bisa muat di dalam Matahari
    Seberapa besar volume Matahari? Bayangkan ini: Kita–entah bagaimana caranya–bisa memasukkan sekitar 960.000 planet Bumi ke dalam Matahari.
  • Matahari mendominasi 99,86% massa total tata surya
    Massa Matahari kira-kira 330.000 kali lebih besar dari Bumi. Massa yang besar ini mendominasi 99,86% massa keseluruhan tata surya kita, yang mana tiga perempatnya berasal dari Hidrogen dan sisanya adalah dar Helium yang dikandung Matahari.
  • Matahari adalah objek yang hampir bulat sempurna
    Hanya ada perbedaan 10 kilometer antara kutub Matahari dan diameter ekuatornya. Artinya, Matahari adalah objek yang hampir bulat sempurna.
  • Matahari akan “menelan” Bumi
    Ketika Matahari telah membakar habis semua hidrogennya, ia akan terus membakar helium selama 130 juta tahun lagi. Selama waktu ini, ia akan membengkak sebagai raksasa merah hingga akan menelan Merkurius, Venus, dan kemungkinan juga Bumi.
  • Suatu hari nanti, Matahari akan berubah menjadi seukuran Bumi
    Setelah fase raksasa merahnya berlalu, Matahari akan runtuh. Ia akan mempertahankan massanya yang sangat besar, tetapi volumenya hanya sebesar planet kita. Fase tersebut dikenal sebagai kerdil putih.
  • Suhu inti Matahari bisa mencapai 15 juta derajat Celcius
    Energi yang sangat panas ini dihasilkan di inti Matahari, melalui fusi nuklir, saat hidrogen berubah menjadi helium. Suhu di permukaan Matahari mendekati 5.600 derajat Celcius.
  • Cahaya dari Matahari butuh waktu 8 menit untuk mencapai Bumi
    Jarak Matahari rata-rata 150 juta kilometer dari Bumi. Cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 kilometer per detik. Dengan membagi angka-angka tadi, maka akan didapatkan waktu 500 detik (atau 8 menit 20 detik), yang mana merupakan waktu yang dibutuhkan cahaya Matahari untuk tiba di Bumi. Namun, walaupun energi cahaya ini mencapai Bumi dalam 8 menit saja, dibutuhkan jutaan tahun bagi energi cahaya tersebut untuk melakukan perjalanan dari inti Matahari untuk tiba ke permukaannya.
  • Matahari bergerak dengan kecepatan 220 kilometer per detik
    Matahari berjarak 26.000 tahun cahaya dari pusat galaksi Bimasakti. Dalam mengitari pusat galaksi, Matahari membutuhkan 225-250 juta tahun untuk menyelesaikan satu putaran penuh.
  • Jarak Matahari ke Bumi berubah sepanjang tahun
    Ini karena Bumi bergerak pada orbit elips (tidak melingkar sempurna) dalam mengelilingi Matahari, jarak antara Bumi dan Matahari bervariasi dari 147 hingga 152 juta kilometer.
  • Matahari adalah bintang paruh baya
    Berusia sekitar 4,6 miliar tahun, Matahari telah membakar sekitar setengah dari stok hidrogennya. Ia memiliki cukup sisa hidrogen untuk terus menyala selama kurang lebih 5 miliar tahun lagi, sebelum akhirnya mulai menggunakan helium di intinya untuk berfusi nuklir.
  • Matahari memiliki medan magnet yang sangat kuat
    Energi magnet yang dilepaskan oleh Matahari selama badai magnetik menyebabkan munculnya jilatan api Matahari. Di Bumi, kita bisa melihat ini sebagai bintik matahari. Di bintik matahari, garis magnet berputar-putar seperti tornado di Bumi.
  • Matahari menghasilkan angin matahari
    Eits, bukan angin seperti di Bumi ya. Angin matahari adalah aliran partikel bermuatan. Ia bergerak dengan kecepatan sekitar 450 kilometer per detik ke seantero tata surya. Angin matahari terjadi akibat aktivitas medan magnetik hebat di permukaan Matahari.
  • Sol adalah bahasa Latin untuk Matahari
    Dari sinilah asal kata “solar”, yang digunakan untuk mendeskripsikan hal-hal yang berasal dari, terkait, atau disebabkan oleh Matahari.

Ukuran Matahari dibanding beberapa planet

  • Matahari adalah objek terbesar di tata surya dibandingkan dengan lanet-planet lainnya. Pada gambar di atas, dari kiri ke kanan adalah: Matahari, Bumi, Neptunus, Uranus, Saturnus, dan Jupiter.

Nah, itulah 20 fakta menarik tentang Matahari kita. Mau belajar Matahari lebih jauh? Kamu bisa ikutan kelas online Mengenal Matahari Lebih Dekat di BelajarAstro yang akan dimulai pada 13 Februari 2021 mendatang. Klik di sini untuk mendaftar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *